Selasa, 22 Mei 2018

Larung Sesaji


Kearifan lokal bukanlah agama, namun bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita maupun budaya.

Larung Sesaji merupakan salah satu contoh kearifan lokal budaya. Ritual yang dilakukan setahun sekali atau dalam acara tertentu adat setempat, bukanlah suatu kegiatan yang diajarkan oleh agama, melainkan kegiatan adat budaya setempat yang sudah ada sejak nenek moyang.

Ritual adalah teknik, cara atau metode membuat suatu kebiasaan menjadi suci. Ritual menciptakan dan memelihara mitos, adat sosial, adat budaya dan agama.

Biasanya kegiatan ini di awali dengan berdo'a menurut keyakinan penduduk setempat. Jadi, hubungan antara agama dan kearifan lokal sangat erat karena sebelum melakukan kegiatan adat, tentunya kita harus berdo'a kepada TUHAN YANG MAHA ESA agar dimudahkan saat berjalannya kegiatan.

Kearifan lokal merupakan suatu gagasan konseptual yang hidup dalam masyarakat, tumbuh dan berkembang secara terus-menerus dalam kesadaran masyarakat. Berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dari yang sifatnya berkaitan dengan kehidupan yang sakral sampai yang profan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar