Selasa, 29 Mei 2018

Tradisi Kedewasaan


Tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat disuatu negara atau tempat tertentu,  berupa kebudayaan, waktu, dan agama yang membentuk suatu kepercayaan, perilaku, peraturan, hingga cara hidup penduduk tersebut.

Sedangkan Budaya, merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generesi ke generasi yang terbentuk dari unsur agama, politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, hingga karya seni.

Tradisi dan budaya akan selalu berdampingan, dikarenakan kedua hal tersebut adalah salah satu cikal bakal suatu tempat yang diwariskan secara turun-temurun demi kelangsungan hidup penduduk sekitar agar memiliki ciri khas yang dapat menyiratkan nilai" positiv.

Ada sebuah Ritual yang mungkin bisa berakibat buruk karena pelaksanaannya yang bisa dibilang ekstrim bagi luar penduduk. Namun di sebuah negara, yaitu Brazil, terdapat suku pedalaman yang hidup didalam hutan Amazon bernama Suku Satere Mawe yang masih menjalankan berbagai ritual-ritual kuno.

Ritual Bullet Ant Glove (sarung tangan semut peluru) adalah sebuah ritual perjalanan hidup yang menandai masa transisi dari anak laki-laki menuju kedewasaan. Dan tradisi kuno mewajibkan penduduknya, terutama kaum pria untuk melakukan ritual ini guna mendapatkan anggapan kedewasaan.

Dalam hal ini mengharuskan anak laki-laki untuk memasukkan tangannya kedalam sarung tangan yang sudah terisi penuh dengan semut peluru, dan disaat itulah si anak harus merasakan dan menahan rasa sakit deri sengatan semut-semut yang ada di dalam sarung tangan tersebut.

Apabila si anak ini berhasil bertahan dalam waktu yang ditentukan, maka anak tersebut dianggap telah berhasil menjadi seorang laki-laki dewasa dan menjadi manusia seutuhnya yang siap menghadapi kehidupan semasa dewasa.

Tradisi yang kerap dilakukan oleh suku Satere Mawe sang penduduk hutan Amazon ini merupakan ritual yang sangat wajib dilakukan bagi kaum pria, yang konon  bertujuan agar kaum pria diakui atau dianggap sebagai seorang yang dewasa.

Semut yang digunakan untuk ritual ini juga salah satu semut yang memiliki bisa, dan sengatannya akan menimbulkan efek terasa terbakar saat semut ini menyengat bagian dari tubuh kita. Dan efek yang ditimbulkan dari sengatan tersebut akan bertahan selama 24 jam.

Semut Bullet Ant (semut peluru) hidup dihutan Amazon, dan semut ini adalah semut yang bisa membuat seseorang tidak sadarkan diri (pingsan), dan ada juga yang sampai tewas karena sengatannya. Semut ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar bila dibandingkan dengan semut lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar